Mahir Arsitek

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur yang Wajib Kamu Ketahui

Baru lulus Sekolah Menengah Atas dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi? kira-kira apa jurusan yang Anda minati? Ada banyak sekali fakultas dengan beragam jurusan dalam satu universitas, salah satunya adalah teknik.

Di dalam fakultas tersebut terdapat banyak sekali jurusan seperti arsitektur, teknik sipil, teknik elektro, teknik industry, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jurusan tersebut terdapat dua jurusan yang menjadi favorit yaitu arsitektur dan teknik sipil.

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

Meskipun demikian masih banyak saja yang bingung dengan perbedaan dari kedua jurusan tersebut. Maka dari itu, kami di sini akan memberikan informasi dan ulasan lengkap tentang perbedaan teknik sipil dan arsitektur. Simak ulasannya berikut ini!

Proses Perkuliahan

  • Teknik Sipil

Bagi Anda yang akan memilih jurusan teknik sipil diharapkan memiliki tekad dan mental yang kuat. mengapa? karena dalam jurusan ini Anda dituntut untuk menguasai segala jenis bidang ilmu.

Sebut saja fisika, kimia, geometri, kalkulus, matematika, dan masih banyak lagi. Bidang ilmu tersebut wajib Anda kuasai ketika memasuki tahun pertama perkuliahan. Barulah pada pertengahan dan akhir Anda akan belajar hal-hal teknis yang mendalam.

  • Arsitektur

Dibandingkan dengan teknik sipil, mungkin perkuliahan dari jurusan arsitektur ini dapat dikatakan cukup menyenangkan. Mengapa? karena selain menghasilkan sebuah desain dengan teknik yang bagus, Anda juga dapat bermain seni.

Seorang arsitektur dituntut untuk menghasilkan sebuah rancangan desain bangunan yang tak hanya kuat dan kokoh, tetapi juga indah.

Detail Pekerjaan

  • Teknik Sipil

Seorang yang ahli dalam teknik sipil akan melaksanakan desain yang telah dirancang oleh arsitektur. Tak hanya sekedar membangun, seorang teknik sipil harus melakukan pengujian terhadap kekuatan konstruksi, perhitungan pelaksanaan, hingga faktor biaya yang dikeluarkan.

Apabila dirasa belum cukup baik, maka seorang arsitektur harus melakukan revisi terhadap desain yang dibuat.

  • Arsitektur

Pekerjaan dasar dari seorang arsitektur adalah merancang atau mendesain. Setiap ide yang terlintas di dalam otak, dapat Anda kreasikan dalam bentuk gambar. Meskipun demikian Anda tetap dituntut untuk mengkaji tentang tata ruang, fungsi, dan keamanan.

Karir di Masa Depan

  • Teknik Sipil

Selama masih banyak manusia yang menghuni bumi ini dan kebutuhan akan sebuah bangunan masih ada, maka kehadiran seorang teknik sipil ini masih dibutuhkan.

Jurusan teknik sipil ini memiliki jenjang karir yang sangat bagus dan luas. Contohnya saja kontraktor, surveyor, konsultan, insinyur konstruksi, dll. Untuk masalah gaji tenang saja karena setiap pekerjaan yang disebutkan di atas memiliki gaji rata-rata di atas Rp 10 juta per bulannya.

  • Arsitektur

Untuk masalah karir di masa depan jurusan arsitektur ini tak perlu dipertanyakan lagi. menjadi seorang arsitek merupakan pekerjaan yang bergengsi dan banyak diminati oleh banyak orang.

Tingginya minat masyarakat dalam bidang property juga menjadi pintu rejeki bagi seorang arsitek. Dengan ide dan kemampuan mendesain yang dimiliki, seorang arsitek dapat menggambar desain bangunan yang indah dan megah.

Tak hanya menjadi seorang arsitek, lulusan dari jurusan arsitektur ternyata juga dapat bekerja pada bidang lain seperti desain interior, perancang tata kota, dosen, dan masih banyak lagi.

Serupa dengan teknik sipil, seorang arsitektur biasanya memiliki gaji yang fantastis hingga puluhan juta rupiah.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbedaan teknik sipil dan arsitektur yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *